Jumat, 01 November 2013

Solo, Kota "Spirit of Java" yang Ngangenin!

Kontes Tulisan Tentang Solo


Ini adalah tulisan pertama saya tentang kota tercinta Solo, Yeay! Sebagai mahasiswa rantau asal Ponorogo, Jawa Timur. Bukan tanpa alasan kenapa saya memilih untuk kuliah di Solo. Yap, tepatnya saya kuliah di Universitas Negeri Sebelas Maret. Solo, adalah kota yang daridulu ingin saya kunjungi. Kalau mendengar kata "Solo" entah kenapa begitu terasa nyaman dan kota yang recommended untuk dikunjungi. Benar saja, pertama kali saya menginjakkan kaki di kota Solo, saya langsung merasa betah. Mungkin karena sudah lama saya ingin kesini, jadi begitu mendapat kesempatan diterima kuliah di UNS saya sangat senang.
Banyak hal yang bisa saya dapatkan di kota Solo yang memiliki tag line The City "Spirit of Java". Selain sebagai tempat dimana saya menuntut ilmu, saya menemukan tempat-tempat kuliner yang enak dan tentunya murah cocok untuk kantong mahasiswa rantau seperti saya. Kawasan belakang kampus saya sendiri banyak kuliner yang murah dan tidak menguras kantong, seperti rica-rica Bu Sartini, Warung Tiada Tara, Burjo Kabut, Warung Sop Pak Darto, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk kawasan diluar kampus, saya pernah mencicipi soto kwali di depan stasiun Jebres, Gudeg ceker depan SMA 1 Solo, dan masih banyaaaak yang lain.
Itu baru tempat kuliner, selain di Solo saya juga mendapatkan tempat belanja favorit yang murah dan kualitas yang bagus. Seperti di Pasar Klewer, PGS (Pasar Grosir Solo) dan Beteng yang tempatnya tepat disamping PGS. Selain itu ada toko Cik-Cik yang lokasinya di Jalan Surya, dekat pasar Panggungrejo belakang kampus UNS.
Selanjutnya tempat nongkrong. Wah, saking banyaknya gak bisa saya sebutin satu persatu. Tempat nongkrong yang jadi favorit saya sama teman-teman selama di Solo ini, adalah sosis naga, yang bertempat di dekat Optik Melawai. Disitu tersedia jajanan sosis, jagung, roti bakar dengan aneka rasa. Mulai dari manis, asin, pedas, pedas banget. Selain disitu, ada Mom's Milk, Kalimilk, Susu Gower, Shi Jack, Galabo dan tempat terakhir yang sering saya kunjungi adalah Solo Grand Mall.
Banyak tempat-tempat wisata juga yang bisa dikunjungi disini, seperti Keraton Mangkunegaran, Pasar Malam Ngarsopuro yang hanya dibuka saat malam minggu, Keraton Surakarta, Taman Sriwedari, Taman Balekambang, Taman Jurug dan kalau berminat bisa main-main di deket kali Bengawan Solo.
Nah buat kamu-kamu yang belum pernah ke Solo, gak bakalan rugi buat mengunjungi kota satu ini. Ynag terpenting, kalian harus siap-siap ngerasain bakal kangen sama kota ini setelah beranjak dari kota ini. Kraena tiap saya pulang ke kota asal saya Ponorogo, saya justru selalu ingin cepet-cepet balik ke Solo. Tunggu apalagi?Yuk dateng ke Solo! :D
Berikut adalah beberapa tempat-tempat Solo yang saya abadikan beberapa bulan lalu, enjoy! :D



Pasar Gede
Wisata Kuliner Galabo
Taman Sriwedari

Pusat Kota Solo




3 komentar:

  1. Tulisannya keren keren kak. Bisa bener2 ngajak pembaca masuk ke dalam cerita. jadi bikin kangen kota solo. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak kinanthi ;) yuk sini main ke Solo :D

      Hapus